Kopi Sangat Baik Untuk Kamu!

Artikel berikut mungkin akan semakin membuat para pecinta kopi makin jatuh cinta pada kopi, si “biji kecil yang jatuh dari langit”.

Penelitian terbaru secara meyakinkan menunjukan bahwa orang yang minum 2 hingga 3 gelas kopi sehari, baik yang mengandung kafein maupun tidak; memiliki kemungkinan lebih rendah untuk terpapar/menderita penyakit tertentu, dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 500.000 orang yang tersebar di 10 negara di Eropa selama lebih dari 16 tahun. Ditemukan fakta bahwa orang yang mengkonsumi kopi (dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi kopi) memiliki liver dan sistem peredaran (darah) yang lebih sehat, begitu juga dengan respon terhadap penyakit (kekebalan tubuh), seperti dikatakan oleh epidemiologist dan peneliti yang terkenal, Marc Gunter (kepala penelitian pada bidang nutrisi dan metabolisme pada International Agency for Research on Cancer di Lyon, Perancis). Penemuan ini juga sekaligus memberikan indikasi yang kuat bahwa “konsumsi kopi yang relatif tinggi memiliki hubungan dengan turunnya resiko kematian, yang diakibatkan oleh beberapa hal, seperti penyakit yang berhubungan dengan sirkulasi/peredaran darah, gangguan pencernaan, dsb”.

Sebelumnya, penelitian yang serupa, namun dalam skala kecil telah dilakukan dan menemukan adanya keterkaitan antara kebiasaan minum kopi dan meningkatnya resistensi (kemampuan tubuh untuk melawan penyakit) pada beberapa jenis penyakit tertentu. Namun apa yang ditemukan oleh Gunter memberikan bukti yang paling substansial (sekaligus signifikan).
“(Adanya) hubungan terhadap penyakit/gangguan pencernaan, terutamanya pada kematian yang disebabkan oleh gangguan liver, sangat membuka mata kami”, dikatakan oleh Gunter.

Gunter melanjutkan bahwa fakta yang ia temukan, akan dibawa ke langkah berikutnya, yaitu menganalisa komposisi dari materi/zat kimia yang dikandung oleh kopi dan diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kopi.



Sumber:
Coffee Is Good For You